Senin, 09 September 2013

Tentang Ayam Peliharaan





Pada artikel kali ini penulis akan memberikan informasi tentang salah satu unggas yaitu ayam. Nama ilmiah dari ayam peliharaan (biasa disebut ayam) adalah Gallus gallus domesticus. Unggas memang salah satu hewan yang sangat banyak dipelihara oleh manusia untuk dimanfaatkan daging, telur, bulu, kotoran, sebagai hewan hias dan bahkan hewan aduan. 
Ayam merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar.
Perbedaan antara ayam jantan (jago, rooster) memiliki variasi warna lebih banyak, lebih atraktif, berukuran lebih besar, memiliki jalu panjang, berjengger lebih besar, bersuara/ berkokok "kuu ku ruu yuuuk" biasanya pada pagi hari dan bulu ekornya panjang menjuntai sedangkan ayam betina (babon, hen) relatif kecil, variasi warna lebih sedikit, berukuran kecil, jalu pendek atau nyaris tidak kelihatan, berjengger kecil, bersuara/ berkokok "petok-petook" biasanya pada waktu bertelur dan bulu ekor pendek. Perkelaminan ini diatur oleh sistem hormon. Apabila terjadi gangguan pada fungsi fisiologi tubuhnya, ayam betina dapat berganti kelamin menjadi jantan karena ayam dewasa masih memiliki ovotestis yang dorman dan sewaktu-waktu dapat aktif.

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : Animalia (Binatang)
Filum : Chordata (Binatang bertulang belakang)
Kelas : Aves (Burung)
Ordo : Galliformes (Burung dengan bulu pengait)
Famili : Phasianidae (Burung berparuh dan berjalan ditanah)
Genus : Gallus (Ayam Hutan)
Spesius : G. gallus (Ayam hutan yang dijinakkan)
Upaspesies : G. g. domesticus
.
Nama trinomial
Gallus gallus domesticus


sumber : wikipedia.com dan http://rohmatfapertanian.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar